Minggu, 15 Januari 2012

manusia, adam dan evolusi

hello everyone :)

beberapa hari terakhir ini ada beberapa hal yang menggelayut dikepala saya, salah satunya adalah tentang teori evolusi manusia. membahas tentang manusia pastinya kita tidak bisa terlepas dari seorang nabi yang juga manusia pertama yang bernama Adam. well jujur saya sudah dengar tentang teori evolusi darwin yang mengatakan bahwa nenek moyang manusia adalah kera semenjak saya duduk dibangku kelas 4 Sd kebetulan saya tau dari ayah saya, waktu itu saya diajak nonton tv yang membahas tentang teori evolusi darwin. dari situ dengan walaupun saya masih usia sd saya mulai bertanya-tanya, siapa adam sebenarnya, benarkah dia berasal dari hasil evolusi kera. pertanyaan ini saya ajukan ke ayah waktu itu dia menjawab saya masih harus tumbuh lebih besar lagi untuk kemudian bisa mendiskusikan hal ini, tapi tidak berhenti sampai disitu kemudian saya bertanya pada mamah dan jawaban mamah adalah adam bukan berasal dari kera karena dituliskan di Al-quran bahwa adam di ciptakan oleh Allah langsung di syurga tanpa proses evolusi dan adam adalah manusia sempurna karena sudah berakal. dari jawaban mamah tersebut saya kemudian berhenti bertanya, bukan-bukan karna puas dengan jawaban tersebut tapi karna jujur saya malah tambah bingung ya maklum saya waktu itu masih sd. namun saya tetap simpan pertanyaan itu dikepala dan bertekad suatu saat saya harus dapat jawabanya.
   nah waktu smp saya belajar sejarah tentang manusia purba dan perkembangan evolusi mereka di mulai dari megantropus palaeojavanicus sampai dengan homo erectus dan homo sapiens kemudian kembalilah pertanyaan itu saya ajukan pada guru sejarah saya dan beliau ternyata tidak bisa menjawab dan saya harus kembali menelan kecewa.
ga berhenti sampai disitu akhirnya waktu duduk dibangku SMA saya putuskan untuk minta dibelikan buku the origin of species karya charles darwin dan beruntung sekali saya langsung dapat. jujur bukunya tergolong sulit untuk saya cerna namun karna kebetulan saya masuk program ipa saya sedikit banyak bersentuhan dengan segala istilah yang ada di buku itu jadi ya aga-aga mengerti dikit hihi,, dan kesimpulanya adalah Darwin tidak pernah bilang bahwa nenek moyang manusia berasal dari kera, di buku tersebut teori yang dikeluarkan adalah bahwa seluruh makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama, nah anda pasti pernah dengar kan ada teori yang bilang bahwa seluruh makhluk hidup berasal dari hewan bersel satu dan kemudian berevolusi menurut habitat dan lingkunganya? nah itu teorinya darwin. dari situ saya akhirnya merasa tidak ada yang salah dengan darwin ini karena wajar sekali dy mengeluarkan ide atau teori tersebut karena di dalam bukunya darwin mengemukakan juga tentang teori variasi dan teori survival of the fittest, yang salah adalah mereka yang protes membabi buta mengenai teori keranya darwin terutama yang datang dari kalangan religius, saya yakin 80% dari mereka yang protes pada saat ini mereka belum pernah baca buku the origin of species ini, saya yakin kalau mereka sudah pernah baca bukunya mereka mungkin akan sedikit mengerti kenapa akhirnya darwin mengleuarkan teori tersebut.
   namun di entry kali ini saya bukan mau membahas khusus tentang darwin tapi tentang adam, pertanyaan saya selanjutnya adalah kalau memang manusia bukan dari kera lalu dimana posisi adam diantara fakta fosil-fosil manusia purba?karena kita tentu saja tidak bisa mengingkari fakta bahwa manusia purba memang ada kan? oiya darwin juga berfikir tentang hal ini lho buktinya dy sendiri mengungkapkan ada missing link (garis yang putus) antara manusia purba dan manusia modern. akhirnya saya mengajukan pertanyaan ini sekali lagi kepada ayah dan setelah perdebatan sengit dan panjang serta berliku (haha yang ini lebay :p) akhirnya saya menyimpulkan sendiri beberapa poin pentingnya. satu, jangan lupa lho adam itu diturunkan ke bumi sebagai manusia pertama, tau kan umur bumi sudah seberapa tua? saya yakin pada saat itu kondisi fisik dy pasti sesuai dengan keadaan alam pada masa itu yang pastinya saaaaaaanggat jauh berbeda dari saat ini. Dua, diyakini bahwa kesempurnaan manusia kuncinya adalah pada keberadaan akal dan pikiran bukan fokus pada bentuk fisik, dituliskan juga pada Al-quran bahwa pembeda manusia dan binatang adalah akal dan pikiran.
ketiga, evolus fisiologisi itu benar-benar terjadi, mau bukti? coba bandingin kondisi fisik masyarakat jepang dan korea 50tahun lalu dengan sekarang, jaman dulu masyarakat jepang dan korea dikenal dengan kondisi fisik mereka yang pendek atau yaa standar banget lha, coba sekarang lihat artis jepang dan korea banyak banget kan mereka yang tinggi2? terus coba deh kalian berhenti menggunakan salah satu tangan kalian untuk beraktivitas tunggu setelah minimal 6bulan bandingkan ukuran kedua tangan kalian, pasti tangan yang ga pernah digunakan berukuran lebih kecil dibanding yang selalu dipergunakan , see? itu juga bagian dari evolusi kan?. empat, jumlah kromosom manusia dengan kera hanya berbeda satu pasang kera 44 dan manusia 46 itu artinya manusia tidak bisa bereproduksi dan menghasilkan keturunan jika bersama kera yang juga artinya kita itu kita berbeda spesies dg kera :)
   nah kesimpulanya soal posisi adam adalah adam memang manusia pertama dan beliau bukanlah kera karna kera dan manusia berbeda jumlah kromosom betapapun kita punya kedekatan fisologis dengan spesies mreka, terus apakah beliau manusia purba? well tentu saja beliau kan manusia pertama di jaman bumi purba :)
terus teori darwin salah donk yang bilang bahwa seluruh makhluk hidup berasal dari hewan bersel satu? well setidaknya darwin berfikir bukan? dan memicu manusia lain untuk punya fikiran yang jauh lebih kritis?

ciao :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar